Apr 28, 2014

Cara Menyetel Gitar Ukulele

Sobat Gitar Gaul, setelah kita bisa belajar Ukulele, sekarang saatnya belajar bagaimana cara stem ukulele yang baik dan benar.  Butuh belajar untuk bisa menstem atau menyetel Ukulele sehingga suara yang dihasilkan dari permainan Ukulele Kita bisa bersih dan nyaring.  Suara ukulele memang kurang nyaring jika dibandingkan dengan gitar. Hal ini disebabkan karena ukuran ukulele yang kecil, dan menggunakan senar nilon bukan senar steel/besi seperti pada gitar. Berikut ini kami sajikan informasi tentang cara menyetel/menyetem  atau "tuning" Ukulele.

Sebenarnya menyetemnya cukup mudah karena hampir sama dengan menyetem  gitar biasa. Bedanya hanya pada nada-nadanya saja. Dimana pada gitar biasa terdiri dari  E A D G B E, sedangkan Ukulele hanya A E C G.

Dalam menyetel Ukulele kita berpatokan pada nada  dasar yakni nada C atau  Do. Lalu cocokkan nada pada senar C juga. Lalu ikuti gambar berikut ini


Perhatikan gambar di atas.  Pastikan senar G di fret ke dua harus sama seperti senar A. Lalu senar C di fret ke empat harus sama dengan senar E, berikutnya senar E di fret ke tiga harus sama dengan senar G.Sebelumnya anda harus memahami terlebih dahulu tentang nada C D E F G A B

c = do
d = re
e = mi
f = fa
g = sol
a = la
b = si

Untuk tahap awal dalam setem senar A, anda harus menyamakan nada LA dengan senar A. Selanjutnya stem lah dengan cara seperti gambar di atas. Jika sudah selesai anda, cobalah kembali mencoba bunyikan tiap senar tersebut sesuai nada senar. Karena ukulele terdiri dari senar G C E A, maka nadanya SOL DO MI LA. Patikan bunyinya sudah sama, jika sudah sama, itu berarti Anda berhasil menyetel Ukulele.

Nah Sobat Gitar Gaul, demikian infomasi tentang cara cara menyetel/menyetam ukulele. Semoga informasi ini bermanfaat, sehingga sobat tidak hanya mahir bermain ukulele, namun mahir juga dalam menyetelnya sehingga bisa menyaringkan permainan Anda.

Cara Menyetel Gitar Ukulele Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sandi Nugraha

0 comments:

Post a Comment